Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, Lokasi, Harga Tiket, Aktivitas

  • April 9, 2020

Bukit pasir Parangkusumo adalah salah satu tempat wisata paling menarik dan dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tempat ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri dan membutuhkan waktu yang lama untuk membentuk gumuk pasir yang luas. Selain keunikannya, gundukan pasir ini adalah gundukan pasir terbesar yang terletak di Asia Tenggara. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan singkat tentang Pasir Dune di Parangkusumo.

Lokasi dan rute ke Sand Dune

Tujuan wisata ini terletak di Jl Parangkusumo, desa Parangtritis, Kretek Bantul Yogyakarta. Waktu perjalanan yang diperlukan untuk mencapai lokasi itu sekitar satu hingga satu setengah jam jika Anda tidak menemui lalu lintas. Untuk rute, Anda dapat mengikuti jalur Parangtritis hingga Anda menemukan TRP atau konter pantai Parangtritis. Namun sebelum memasuki TPR, Anda bisa berbelok ke kanan ke Pantai Depok dan melewati pantai TRP. Tetapi untuk sampai ke Sandbanks, sebelum memasuki Pantai Depok, ambil arah kiri ke Pantai Parangritis.

Harga tiket untuk Parangkusumo Sand Dune

Pada rute menuju Parangkusumo Pasir Gumuk di atas, sebelum memasuki area gundukan pasir, Anda akan menemukan pantai TPR Depok. Dengan begitu, biaya biaya masuk atau biaya masuk untuk gumuk pasir sudah termasuk dalam biaya pajak pantai Depok sehingga Anda tidak perlu membayarnya. Untuk Biaya Pajak Pantai Depok ini, Anda akan dikenai biaya Rp 5.000 untuk Pantai Depok dan area sekitarnya. Untuk waktu berkunjung, Anda dapat menikmati tur ini mulai pukul 06:00 hingga 19:00 sehingga Anda dapat memilih saat yang tepat di antara jam-jam rentan.

Dapatkan informasi Paket Wisata Jogja terbaik hanya di TripJogja.co.id, banyak pilihan paket terbaik yang bisa kalian pilih dengan leluasa.

Aktivitas di gundukan pasir Parangkusumo

Dari beberapa negara yang memiliki bukit pasir, satu-satunya tempat yang dapat digunakan untuk berselancar atau sandboarding adalah bukit pasir di negara kita. Itu disebabkan karena gundukan pasir milik parangkusumo mencapai ketinggian sekitar 5 hingga 15 meter, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berselancar. karena itu, kita harus bangga dengan rahmat Tuhan.

Untuk menikmati wahana ini, Anda bisa menyewa papan seluncur pasir dengan biaya Rp 100.000 tanpa batasan waktu sehingga Anda bisa bermain sesuka Anda. Biaya ini sudah termasuk dengan panduan yang akan menemani Anda dan mengajari Anda cara berselancar dengan benar dan benar, tentu saat melakukannya Anda harus berhati-hati karena medan yang dilintasi sangat licin. Tetapi jika Anda ingin menghemat lebih banyak pengeluaran, Anda bisa membawa papan seluncur sendiri dari rumah sehingga Anda tidak perlu membayar sewa.
Selain berselancar di pasir, salah satu hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan adalah menemukan tempat-tempat menarik untuk mengambil foto. Dengan latar belakang gurun yang sangat luas, Anda dapat menggunakannya untuk mengabadikan momen liburan Anda. Beberapa tempat foto unik juga tersedia di sini, seperti pohon kaktus, ayunan, rangkaian bunga berbentuk hati, dll.

Selain spot foto ini, di kawasan wisata ini Anda juga bisa menemukan taman bunga matahari yang tumbuh di pasir. Ini tentu sangat cocok sebagai latar belakang foto liburan Anda. Tidak hanya digunakan untuk mengabadikan momen liburan saja, tempat ini juga sering digunakan untuk momen foto pre-wedding, foto iklan, dan video capture untuk berbagai kebutuhan.

Karena itu, jika Anda mengunjungi pantai Parangtritis dan sekitarnya, jangan lupa mengunjungi gundukan pasir Parangkusumo ini. Selain menikmati berbagai keindahan dan keanehan, Anda juga dapat lebih menghemat biaya liburan karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Selamat jalan !!

Donni

E-mail : Donni@gmail.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*